Body Image: Pandangan Seseorang Mengenai Tubuh Sendiri


Apa sebenarnya itu body image? Pernahkah anda memandang tubuh anda sendiri? Apa yang anda rasakan ketika anda memandang dan melihat bentuk tubuh anda sendiri? Tentu saja setiap orang akan memberikan pandangan tersendiri mengenai body image. Sebenarnya apa itu body image dan bagaimana seseorang menilai dirinya sendiri, terutama dari segi fisik? Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai apa itu body image.



Apa itu Body Image?

Body image ialah bagaimana seseorang melihat dirinya sendiri, umumnya secara fizikal. Body image memang lebih mengarah kepada pandangan atau pandangan seseorang terhadap dirinya sendiri secara fizikal.

Menurut Davison & McCabe (2005) istilah body image mempunyai pengertian iaitu persepsi dan sikap seseorang terhadap tubuhnya sendiri. Selain itu, Olds dan Fieldman (2001) juga menyatakan bahwa body image merupakan gambaran dan evaluasi mengenai penampilan dirinya sendiri.

Rudd dan Lennon (2000) mendefinisikan body image sebagai gambaran mental yang dimiliki oleh seseorang mengenai tubuhnya yang meliputi dua komponen. Kedua komponen body image tersebut adalah komponen perseptual (yang meliputi ukuran, bentuk, berat, ciri, gerakan dan prestasi tubuh) serta komponen sikap (yang meliputi apa yang anda rasakan tentang tubuh dan bagaimana perasaan ini mengarah pada tingkah laku).

Secara umum, boleh disimpulkan bahwa body image merupakan pandangan seseorang mengenai tubuhnya sendiri, dimana seseorang akan melakukan evaluasi dan juga menilai apa yang dirasakan berkaitan dengan bentuk tubuhnya.

Bagaimana Cara Seseorang Menilai Tubuhnya Sendiri

Cash (dalam Jones, 2001) menyebutkan ada beberapa aspek pengukuran yang biasanya dilakukan oleh seseorang ketika ingin melakukan penilaian terhadap tubuhnya sendiri. Berikut ini adalah beberapa aspek yang digunakan oleh orang-orang dalam menilai tubuhnya sendiri:

1. Evaluasi penampilan

Aspek ini akan mengukur bagaimana seseorang merasa puas atau tidak puas terhadap penampilannya secara keseluruhan. Misalnya cara dia berpakaian, cara berjalan, cara berbicara dan sebagainya.

2. Orientasi Penampilan

Aspek ini melihat bagaimana seseorang itu dapat memperhatikan penampilannya. Mereka yang lebih banyak meluangkan waktu untuk memperhatikan penampilannya, adalah orang yang paling sering melakukan penilaian terhadap tubuhnya sendiri.

3. Kepuasan terhadap tubuh

Aspek lainnya yang menjadi tolak ukur penilaian seseorang terhadap tubuhnya sendiri adalah dari segi kepuasan pada anggota tubuh. Contohnya, bahagian wajah, rambut, bentuk tubuh, lengan yang terlalu besar atau kecil, kaki yang terlalu kurus, badan terlalu pendek dan sebagainya.

4. Bimbang menjadi gemuk

Orang yang seringkali bimbang akan menjadi gemuk adalah orang sering menilai tubuhnya sendiri. Mereka menilai tubuh mereka akan menjadi buruk ketika menjadi gemuk. Hal ini yang kemudian menyebabkan banyak orang dengan masalah penilaian diri / body image seperti gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia.

5. Persepsi mengenai ukuran tubuh

Gemuk dan kurus, kecil dan besar, tinggi dan pendek. Itu adalah beberapa contoh aspek yang sering dijadikan tolak ukur seseorang dalam menilai tubuhnya sendiri. Ketika seseorang mempersepsikan atau menilai tubuhnya memiliki ukuran tubuh yang buruk atau tidak memuaskan, maka hal ini akan membuat mereka memiliki penilaian diri atau body image yang juga buruk.

Itu adalah sedikit gambaran mengenai apa itu body image dan bagaimana cara seseorang menilai tubuhnya sendiri. Dari penjelasan tersebut, anda juga dapat menilai apakah seseorang memiliki body image yang baik atau body image yang buruk..

Body Image: Pandangan Seseorang Mengenai Tubuh Sendiri Body Image: Pandangan Seseorang Mengenai Tubuh Sendiri Reviewed by Coach M on August 05, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.